Selasa, 19 Juli 2011

RUMPUT KALIAN SEBENARNYA LEBIH BAGUS DARI JAKARTA


Gurauan di siang bolong. Pernah ga kalian ngerasain kalo siang tepat jam setengah dua siang berada di jalan Ibukota? Jakarta menjadi magnet bagi para pencari kerja baik masyarakat sekitar apalagi warga desa yang terbius iming-iming mencari kerja di kota ini sangat banyak dan mudah. Padahal faktanya mereka disini banyak yang menganggur karena tidak punya keterampilan dan pendidikan yang memadai untuk mewujudkan keinginannya. Mau tidak mau mereka bekerja apa saja untuk makan sehari-hari walaupun dengan cara "menipu".

Hampir setiap kali melewati jalan raya kita melihat pengemis dengan menggendong anaknya di pinggir jalan untuk menambah belas kasihan para pemakai jalan meskipun sudah banyak orang yang tahu bahwa anak yang digendong itu anak sewaan. Gila aja kalo anak sendiri masa mereka tega dibawa panas-panasan.
Parah, ternyata Jakarta. Itu baru satu contoh yang menyebabkan engga indah dan sumpeknya jalan-jalan di Jakarta, salah satu penyebabnya tadi yang udah gw sebutin. Ini kota apa comberan? lw liat deh di got-got pinggir jalan baunya, idih najis naujubile udah kaya di tempat sampah lebih parah malah, laler aja ga ada yang mau nempatin itu got dan kalinya engga kalah baunya, udah dangkal dan aernya ijo.
Tau ga kondisi cuaca di Jakarta? menurut peneliti, kondisinya udah ga bagus buat di hirup makanya gw anjurin kalo emang harus setiap hari kerja kesana. Ya pake masker aja kalo di jalan. Tapi lw harus ngejaga kebersihan juga disana jangan sembarangan buang sampah mentang-mentang bukan tempat tinggal lw, ya ga?
Terus kalo dipikir-pikir kalo dari dulu orang-orang kampung dari segala penjuru Indonesia banyak yang dateng ke Ibukota, kira-kira penduduk di Jakarta sampai sekarang hari Selasa, 19-07-2011. Pukul  satu lebih lima puluh satu menit ini berapa orang yah?
Berarti di desa-desa kosong dong orangnya kalo gini ceritanya, lama-lama beban berat Jakarta bisa ngelebihin kapasitas dong, otomatis bisa-bisa ngejomplang Jakarta.(garing.com)

Jumat, 15 Juli 2011

CERITANYA UDAH SARJANA

Inilah akhir-akhir masa kuliah gw dan temen-temen gw angkatan 2005.
Setelah enam tahun berjuang walaupun nyantai akhirnya beres juga dan kita sekarang menyandang gelar PENGANGGURAN.
Sarjana nih ceritanya, bebas dari tugas-tugas dan kuliah, kita memasuki awal-awal dunia nyata sebagai pengangguran.
Gw kenalin satu-satu temen sidang barengan gw, dari pojok paling kiri sana, dia bernama Ihsan, seorang mahasiswa yang terbuat dari campuran terigu dan perangkat lunak komputer.
ya begitulah, yang gw tau dia angkatan 2004, udah itu aja.
Disamping ihsan, itu siapa yah? gw lupa namanya..mmmm Bunga namanya kali kalo ga salah, dia adalah perempuan. udah itu aja yang gw tau tentang dia.
Nah disamping bunga itu namanya Ahmad, pendiri agama yang bernama Ahmad yah? perguruannnya terletak di cianjur disamping sungai deket rumahnya, dia pertama yang gw kenal di Sastra.
orangnya aneh pokoknya, ga perlu dijelasin.
Wanita di deretan keempat dari samping kiri. Dia itu namanya Mey, dia punya anak namanya Ola dan Suaminya Blackberry (BB).
disampingnya itu namanya andika biasa di panggil  pepe kalo pake bahasa daerah artinya jadi me**k.
Dia temen gw, baek orangnya tapi minta serebuan mulu buat parkiran kalo engga buat jajan,hehe becanda becanda. kalo engga minta sms waktu jaman sms selain sesama operator masih Rp.350 trus disampingnya itu Iqbal atau kobel, haha mau aja tuh bocah dipanggil kobel sama temen-temen rumahnya. Dia itu orangnya banyak alesan kalo sms banyak nanya. misalkan begini kalo mau ngumpul otomatis kita semua smsan, nah itu orang banyak nanya Kaya gini balesan smsnya " udah ada siapa aja? dimana? mau ngapain?" ujung2nya "sory gw ga bisa dateng gw ga enak badan".
Kalo dua orang yang disamping iqbal, langsung aja gw jelasin. mereka itu kaya sepasang merpati.
namanya si Sandy sama Ionx. kenapa gw bilang merpati? karena mereka udah giring banget, ga mau kemana2 kalo ga ada salah satunya,mirip pelem cinta di sinetron-sinetron FTV dah.
sebelah Ionx, itu gw....gw itu adalah sejenis umbi-umbian, udah ya itu aja.
Trus cewe paling pojok kanan itu Maria, dia keturunan Arab apa India gitu, gw juga kurang tau. Kayanya sih blasteran Bangladesh ama Srilanka kali atau blasteran bebek sama soang.
 Benerkan? Engga salah dong gw, giring banget men
Nah yang ditengah ini, yang seragamnya laen sendiri itu Dekan namanya Agnes Monica, koq  mirip2 nama artis ya? ga usah di mirip2in karena nama sebenarnya Agnes Setyowati M.Hum. Baek si dia kalo ngajar tapi gw dikasih nilai C mulu. Gw tau perasaan semua orang beralmamater biru di foto ini. Perasaannya LEGA SEMUA.
Ini kita abis selesai sidang Spoken.
Mukanya pada kumuh-kumuh amat.
Ceritanya kita ngerayain beres sidang di warung pak Ewok di Taman Kencana, Bogor walaupun duit udah abis, tetep gw ikut jajan-jajan. Akhirnya pas mau balik gw minjem duit ikbal serebu buat bayar parkiran.
Hari yang menyenangkan dan melegakan penuh kenangan.

Kamis, 14 Juli 2011

ENGGA NYANGKA BISA BARENGAN


Hari kamis ba'da maghrib temen gw sms, biasa basa basi sama temen sekedar nanyain kabar atau lagi ga ngapain2 dirumah, iseng aja sms supaya ada kesibukan smsan.
Isi teks smsnya " apa kabar lu? udah gawe? ". Dengan males2an gw bales dengan  tiga huruf "blm".
Trus dia bales sambil pake ketikan ketawa " hahaha, besok gw ada test ni di PT...... di Cileungsi", katanya.
Nah loh sebelum gw bales sambil mikir, ko bisa sama yah gw juga ada panggilan kesitu sama sekali engga ada kesengajaan.
Sambil ngebales sms nya, sambil cecengesan sama ga percaya, ko bisa yah? kebetulan banget.
Gw bales "serius lw? gw juga ada panggilan disitu. Akhirnya kita janjian besok pagi jam setengah delapan di depan ITC Cibinong karena disuruh dateng jam sembilan.
sebenarnya jarak dari rumah engga jauh, jarak dari rumah kesana paling lama juga setengah jam tapi karena sering macet dijalanan jalur sana, kita harus berangkat lebih pagi dan harus sampe disana jam setengah sembilan.
Pagi jam setengah delapan kita ketemu di depan ITC, gw bilang langsung aja yuk takut macet.
Berangkatlah kita, bener banget. Jalanan di Cileungsi macet ditambah jalanan ancur, perbaikan satu jalur dan ada segerombolan pasukan yang mau demo tambah bikin sempit itu jalan.
Wah kalo gini, bisa telat nih. Ga enak aja, moment pertama datang kesana masa telat. Pas masuk ke arah Cileungsi kita jalan pelan-pelan sambil merhatiin plan-plang pabrik. Alhamdulilah ketemu, bisa sampe jam setengah sembilan.
Langung aja gw ke post Satpam " permisi bu, saya ada panggilan interview jam sembilan".
ibu satpam " Oh iya tunggu dulu yah mas, duduk-duduk aja dulu" sambil nelpon buat konfirmasi ke bagian kantor mungkin.
Disitu gw duduk sama temen gw, sambil ngobrol-ngobrol ko bisa yah kita bareng.hehe
engga lama, si ibu satpam itu menyuruh kita masuk. Langsung aja kita ke dalem sambil permisi ke satpam-satpam yang ada disitu. Baru dua tiga langkah kita di sambut sama anjing yang gede banget,hahaa
ga ada yang berani jalan duluan, mau ga mau kita nunggu supaya itu anjing agak jauh.ehehe
ga lucu aja kalo harus dikejar-kejar anjing dulu.
"Wah PT nya kelihatannya makmur" kata temen gw.
"Ya mudah-mudahan aja rezeki kita disini" gw bilang.
Satpam dekat kantor mengantar kita masuk kedalam dan mempersilahkan kita duduk.
ga lama, ibu-ibu berjilbab dateng sambil nanyain nama.
Oh iya bu, kami yang kemarin ditelpon diminta dateng kesini untuk interview.
ternyata si ibu itu yang nelpon kita kemarin.
"Form yang kemarin saya email dibawa?" kata si ibu.
"Saya cuma dapat satu inbox undangan aja bu di email " kata gw.
"Masa sih, kayanya sudah saya attach" jawab si ibu.
Kemudian gw keluarkan surat lamaran sama yang lainnya juga print undangan yang kemarin diemailnya.
Dan ternyata disitu ada formnya yang di attach.hehe
Sedikit malu tapi yaudahlah, gw ga tau maklumlah printer gw rusak kalo ngeprint gw di warnet jadi buru-buru.
Setelah itu gw dibawakan form dan mulai ngisi, belum sampai selesai kita disuruh ke ruangan atas,
ngisi formnya dilanjut nanti aja.
Di lantai atas kita dikasih kertas buat uji psikotest kemudian test tertulis.
testnya lumayan soal-soalnya susah, ya gw ngerjain sebisa gw aja.
Jam setengah sebelas udah beres test tulis dan tinggal wawancara, langsung gw diajak ke ruangan sebelah disitu gw duduk sendiri sambil nunggu orang yang mau wawancara.
Kira-kira sepuluh menit gw nunggu, gw sambil liat-liat diruangan itu banyak banget cangkir piring di rak-rak.
Sambil mikir, oh tenyata ini perusahaan produksi keramik buat gelas sama piring.
si ibu berjilbab itu dateng dan bilang "saya dulu yang menginterview".
mulailah wawancara, obrolan kesana-kesini tentang diri gw.
si bapak yang diamksud kemudian dateng melanjutkan wawancara setelah beberapa pertanyaan. Gw ditanya kamu bisa bahasa inggris? 
karena itu sesuai dengan jurusan yang gw ambil di kampus mungkin.
gw jawab "bisa pak", pertanyaan yang engga gw duga " What do you do in last day?"
lah gw bingung, pengangguran seperti gw kan kerjaannya dirumah aja engga ngapain2, paling internetan di rumah. selang beberapa menit wawancara itu pun slelesai, sengan hati yang kurang puas. gw keluar dari ruangan itu balik lagi ke tempat yang tadi.
katanya si ibu "Tunggu yah sebentar nanti interview lagi dengan calon user".
Menunggu kira-kira 10 menit kemudian dimulai, interview yang ini agak berbeda, gw seperti ada di dalam ruangan sidang skripsi. 
Gw nyeritain skripsi yang gw buat walau udah agak lupa, gw jawab semaksimal mungkin dan nyeritain sedikit tentang diri gw. Jam 12 disuruh istirahat "nanti jam 1 dilanjut lagi dengan User" kata si ibu.
Kebetulan lumayan lapar,hehe gw sama temen gw langsung ke warteg terus ke musholla. Cepet banget satu jam tau2 udah jam 1.
Di ruangan tunggu, gw nunggu satu wawancara lagi. Engga lama datang seorang bapak dengan santainya nyuruh gw duduk, disitu gw ga ngerasain di wawancara, gw cuma diceramahin,hahaa
tapi ya udahlah engga apa-apa ambil hikmahnya aja.

JAS MERAH YANG HILANG


INDONESIA, KARENA NEGERIKU KAU TETAP NEGERIKU.
Kata orang-orang, Indonesia negeri yang besar dan kaya sumber daya alam. Faktor itu seharusnya dapat mebuat masyarakat hidup sejahtera, itu harapan semua orang. Bung Karno mengajarkan “JAngan pernah Sekali-kali MElupakan sejaRAH” atau biasa disebutnya (JAS MERAH), kenapa ia menyingkat perkataan yang sesederhana itu menjadi sesimpel mungkin. Menurt gw seperti ini, supaya Warga Negara Indonesia baik pejabat, elite politik atau siapakah mereka yang lahir dan besar disini. Harus menapak tilas keberadaan aktor-aktor besar dalam perjuangan bangsa ini untuk mendapatkan kemerdekaan. Jangan sia-siakan jasa-jasa mereka, kakek nenek kita yang susah payah berjuang sampai kematian menjelang, untuk siapa? Semua pengorbanan itu hanya untuk kita anak, cucu dan keturunan-keturunannya. Sekarang kita hidup di zaman yang merdeka, bebas tak ada lagi penjajah disini tapi apa yang dirasakan orang-orang kecil seperti kita rakyat biasa ini. Penjajah itu masih ada tetapi dalam jiwa orang Indonesia. Penegakkan hukum yang amburadul, rakyat kecil menanggung kebiadaban pejabat Negara, mereka sering dijadikan tumbal demi uang dan uang.  Susah menjadi pahlawan di negeri ini, sebab mereka akan dianggap sebagai musuh bagi para pemangku kekuasaan di negara ini.

Hampir tak pernah kita dengar lagi seruan-seruan yang membuat rakyat semangat seperti pidato Bung Karno yang selalu menggelegar, membuat masyarakat ikut merasakan api yang berkobar di dalam jiwa, seperti cambuk yang menyemangati setiap insane. Kami rindu kamu Bung, rindu ketegasanmu, rindu semangatmu, rindu segalanya tentangmu. Apakah kamu akan terlahir kembali dalam wujud tubuh yang lain? Dimana kami harus menemukanmu bung? Kini orang-orang serakah, rakus dan berjiwa binatang yang menduduki dan mendapat peranan semua berdalih untuk kesejahteraan rakyat. Bibit warga negara yang mempunyai bakat besar untuk negeri ini ditenggelamkan dengan segala cara. Kalau saya boleh memilih di antara zaman yang telah dilewati bangsa ini sampai sekarang, Saya memilih zaman perang!, saat itu yang membuat  bangsa ini bersatu kemudian nama Indonesia menjadi sebuah negara.

Senin, 11 Juli 2011

SI RAGU

Udah malem, tepatnya jam dua belas lebih tiga puluh enam menit. Hampir setiap malem gw melototin komputer, buka2 web yang berhubungan sama lowongan kerja (loker), dengan satu alesan dapet info lebih dulu tentang update loker dari internet. Suasana dikamar yang begitu2 aja setiap malem gw temuin bikin ga tau harus ngerjain apalagi selain ini. Tapi malem ini gw cuma liat2 sebentar, gw lebih memilih buat ngetik2 aja di blog baru yang gw bikin tadi siang.
Sambil dengerin radio jakarta yang penyiarnya lumayan kocak nemenin gw di setiap malem kecuali hari jumat sampe minggu karena mereka engga siaran. Kipas angin gw nyalahin disamping paha supaya ga banyak nyamuk.
Jendela kamar yang gw biarin kebuka supaya sinyal internet masuk lancar ke komputer gw yang RAMnya  kecil cuma 256MB.
Kapan yah ini semua berakhir? gw pengen hidup normal kaya orang2 yang malem jam segini udah tidur supaya ntar bangun  pagi ga kesiangan buat berangkat ngantor. Haduuuuuuuuh cape kalo mikirin itu, mau masa bodo tapi kepikiran kalo mikirin terus  malah pusing sendiri. Banyak hal dalam diri gw yang ngebuat itu semua terus berlarut -larut, utamanya yaitu keraguan setiap gw mau bergerak pasti si ragu itu dateng. udah sering kalah gw sama dia

MAKAN TIDUR, MAKAN TIDUR

Persis lagu Alm. Mbah Surip " Bangun Tidur".
Ini yang gw terjadi setelah gw lulus kuliah dengan gelar yang udah didapet gw pikir gw udah gampang jalanin hidup dan bekerja. Ternyata dunia yang penuh kesibukan dengan tugas2 kuliah lebih asik.
Apa hubungannya dengan judul lagu di atas.
Ni gw ceritain, di masa- masa nganggur. Apa yang lo dilakuin  dirumah? kalo cuma makan, tidur, makan, tidur. Boring kan?
Sekarang menurut gw makan tidur lebih pusing daripada ngerjain tugas kuliah.
Tapi ambil enaknya ajalah, kalo lw mikir terus kaya gitu otak lw bakal mampet.
Disini gw mau nyeritain setelah gw lulus selama 6 bulan dari kampus swasta di Bogor.
Awalnya di bulan pertama sampai bulan ketiga sangat mengesankan memeluk gelar sarjana, banggalah ceritanya. Giat mencari kerja, kirim lewat post, email bahkan datengin perusahaannya langsung.
Jurusan yang gw ambil di kampus, menurut gw kurang banyak dibutuhin oleh perusahaan2.
Tapi menurut gw di negeri gw yang sangat tercinta dan "kaya sumber daya alam". Semua orang bisa masuk kerja gampang asalkan ada faktor skill,  keberuntungan dan koneksi orang dalam perusahaan.
di bulan ketiga sampe ke enam, mulai pusing. Udah 3 kali interview 2 kali gagal buat jadi wartawan dan staff admin di Jakarta.. Sebentar yah, gw pengen kencing dulu.
sip gw terusin dikit lagi aja.
Sekarang gw lumayan susah nyari gawean, pengennya sih di Bogor aja dulu. Kerjaan gw sekarang setiap hari masih tetep makan tidur ngenet. m.e.m.b.o.s.a.n.k.a.n!

BAKTIKU BUATMU BU

Gw lagi di kamar disuruh ama nyokap nganter ke Cibinong buat nuker penanak nasi yang rusak. Gw bilang "bentar dulu, sambil matiin komputer ngeklik stand by". Gw langsung nyalahin motor. Greengggg greeeengggg. Jalanlah motor bebek gw pelan2, bawa emak2 harus nyantailah kecuali bawa pacar harus 125 KM/jam kalo bisa 100.000KM/jam plus memainkan teknik mengerem yang udah biasa dilakuin orang2. Bawa magic jar yang segede gitu berangkatnya sih santai aja soalnya nyokap dibelakang motor bisa ditenteng, pas nyampe toko peduli empat alias carrefour, awalnya gw ga mau masuk, celana kolor yang ada jahitan benang warna putih ditengah pantat keliatan banget dan juga gw pake kaos hitam bergambar monster robot berwarna pink sama hijau lagi berantem dan sandal japit ijo yang sampingnya dekil banyak tanah kering. Malu penampilan sama umur. Gw kan udah seperempat abad kurang 1 tahun beberapa bulan.
Tapi setelah mikir2 ,masuk ajalah kasihan nyokap masuk sendirian. gw langsung ke arah temapat complain pelanggan dan gw bilang ke seseorang yang ada disitu. "Mbak saya mau complain" Sok  tegas nada bicara gw kaya orang banyak duit aja. Mbak itu langsung memanggil perwakilan orang dari Magic Jar buat dateng kesitu. Gw ulangi nada bicara gw seperti tadi ke orang yang baru dateng. orang itu bilang oh iya pak rusak mau dituker baru atau bagaimana? karena belum sampe satu minggu masa garansi. Harga 430 ribu barang dituker sama nyokap dengan jenis barang yang sama tapi harga lebih murah 220 ribu, nah kan masih ada sisa banyak tuh. Kata nyokap, ambil2in aja barang yang seharga segitu biar ngepas. Belaga jadi orang banyak duit. Gw langsung muter2 ngambilin barang semaunya masukin ke keranjang.  Sirup, parfum, dan temen2nya, pikiran gw duit segitu cuma bisa buat beli makanan2 aja. Pas dikasir ternyata barang belanjaan semua 260 ribu lebih dari kuota 210 ribu yang udah dikasih. Tekor gocap akhirnya gw nombokin, ga selesai sampai disitu, 3 plastik dan 1 magic jar, susah dibawa pake motor, engga seperti orang2 yang gw liat keluar dari tempat itu barang belanjaan langsung dimasukin ke mobil, beres..Nah gw harus atur2,nyokap nenteng 3 plastik belanjaan dan di atas stang motor gw, Magic Jar nongkrong didepan gw, persis kaya ojek pasar yang bawa karung sayur.